Rencana Penilaian (Assessment) oleh Pihak PT. Angkasa Pura I Terhadap Pilot dan Crew

Jan 24 2017
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter

Tanggal                 :   24 Januari 2017
Nomor                  :   009 / CHR / IPI / I / 2017
Perihal                  :   Rencana Penilaian (Assessment) oleh Pihak PT. Angkasa Pura I Terhadap Pilot dan Crew
Lampiran             : –

Kepada Yth.
Bpk. Suprasetyo
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara
Kementerian Perhubungan

Di
Tempat

Dengan hormat,

Saat ini telah  beredarnya informasi di kalangan rekan-rekan Pilot bahwa pada Tanggal 17 Januari 2017, PT.Angkasa Pura I melalui Direktur Operasinya mengeluarkan surat perintah kepada jajaran Airport Security untuk melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Melakukan Penilaian atau Assessment terhadap Pilot dan Crew berkaitan dengan pengaruh Alkohol atau Narkoba.
  2. Mengambil langkah-langkah yang diperlukan sampai dengan membatalkan keberangkatan penerbangan bersangkutan apabila ditemukan bukti Pilot atau Crew dalam pengaruh alkohol atau narkoba.

Mengamati Surat perintah tersebut, Ikatan Pilot Indonesia mengadakan koordinasi internal dengan mempertimbangkan ketetapan-ketetapan antara lain sebagai berikut :

  1. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor : PM 94 Tahun 2015 tentang CASR Part 91 tentang General Operating and Flight Rule.
  2. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor : PM 28 Tahun 2013 tentang CASR Part 121 tentang Persyaratan-Persyaratan Sertifikasi Dan Operasi Bagi Perusahaan Angkutan Udara Yang Melakukan Penerbangan Dalam Negeri, Internasional dan Angkutan Udara Niaga Tidak Berjadwal.
  3. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor : PM 8 Tahun 2015 tentang CASR Part 67 perihal Standar Kesehatan dan Sertifikasi Personel Penerbang.
  4. Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor : PM 186 Tahun 2015 tentang Penunjukan Penyelenggara Pengujian Kesehatan Personel Penerbang.

Suhubungan dengan hal tersebut diatas, Ikatan Pilot Indonesia memohon agar dilakukan konfirmasi dan pertemuan antara Dirjen Perhungan Udara, PT. Angkasa Pura I dan Ikatan Pilot Indonesia guna membahas Prosedur Pelaksanaan Assessment terhadap Pilot dan Crew tersebut agar tidak terjadi hal-hal sebagai berikut:

  1. Tumpang tindih kewenangan dalam melakukan pengecekan kondisi fisik dan kesehatan Pilot dan Crew dalam bertugas.
  2. Terjadinya penolakan terhadap Assessment  tersebut oleh rekan-rekan Pilot dan Crew yang sedang bertugas sehingga dikuatirkan menyebabkan adanya gesekan dan ketidaklancaran dalam pelaksanaan operasional penerbangan.

Demikian hal ini disampaikan oleh Ikatan Pilot Indonesia guna mendukung dan menjamin setiap langkah-langkah dalam usaha meningkatkan Keselamatan Penerbangan Nasional.

Hormat kami,

An. Dewan Ketua Ikatan Pilot Indonesia
      Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia

 

          Capt. Bambang Adisurya Angkasa
                      (Telp : 0811872873)
                    b.adisurya@ipi.or.id

Tembusan :

  1. Menteri Perhubungan Republik Indonesia
  2. Direktur Operasi PT.Angkasa Pura I
  3. Direktur Operasi PT.Angkasa Pura II
  4. Kepala Balai Kesehatan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.
  5. Para Pimpinan Maskapai Penerbangan Sipil.
Related Posts