Press Release Ikatan Pilot Indonesia

Jan 13 2017
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter

IKATAN PILOT INDONESIA menyatakan keprihatinan dan menolak dengan tegas setiap penggunaan dan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan obat-obatan terlarang. Ikatan Pilot Indonesia bersama seluruh pilot Indonesia berkomitmen ikut dan turut serta menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari segala macam potensi bahaya kepada generasi muda Indonesia dan melakukan pola hidup sehat.

Menanggapi permasalahan dan issue yang berkembang saat ini, maka :

  1. Ikatan Pilot Indonesia mendukung proses investigasi KNKT sesuai dengan ICAO Annex 13.
  2. KNKT adalah Badan Nasional yang berhak mengeluarkan statement terkait hasil investigasi accident dan incident transportasi udara Indonesia.
  3. Ikatan Pilot Indonesia merasa perlu adanya Komisi Nasional Penerbangan Nasional untuk membentuk Majelis Penerbangan Indonesia guna menindaklanjuti hasil investigasi dari KNKT demi perbaikan agar kejadian accident dan incident tidak berulang (*1).
  4. Ikatan Pilot Indonesia mendukung Bebas Narkoba di Lingkungan Penerbangan, bersama dengan Badan Narkotika Nasional Indonesia, Ikatan Pilot Indonesia telah melakukan komitmen memerangi narkoba dan seluruh Indonesia mematuhi komitmen tersebut. Ikatan Pilot Indonesia telah memiliki Petunjuk Pelaksanaan mengenai drug and alcohol test (*2).
  5. Semua statement terkait profesi Pilot dapat berkoordinasi dengan Ikatan Pilot Indonesia, karena segala statement sepihak akan dapat berdampak langsung terhadap image Pilot Indonesia terkait dengan keselamatan penerbangan, bisnis penerbangan, asuransi dan dapat berdampak langsung terhadap perekonomian Republik Indonesia dimana sektor perhubungan udara adalah garda terdepan dalam menghubungkan Indonesia yang terpisah-pisah oleh belasan ribu pulau.
  1. Menghimbau kepada Kementerian Perhubungan sebagai induk dari profesi Pilot Indonesia dan setiap kejadian pada Pilot Indonesia berada dalam pengawasan Kementerian Perhubungan.

Demikian kami sampaikan Press Release Ikatan Pilot Indonesia.

Salam Penerbangan
An. Dewan Ketua Ikatan Pilot Indonesia
Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia

 

Capt. Bambang Adisurya Angkasa

(*1) UU RI No 1 Tahun 2009, Pasal 364-366, Penerbangan Indonesia
(*2) Petunjuk Pelaksanaan Drug And Alcohol Test Ikatan Pilot Indonesia

Related Posts