Personil ATC Tingkatkan Sinergi dengan Pilot Indonesia

Apr 20 2017
(0) Comments

IPI – Ikatan Pilot Indonesia (IPI) mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu tentang pesawat dengan personil ATC di LOP Praya airport, 20 April 2017 yang berlangsung mulai pukul 09.00 – 12.00.

Dalam kegiatan tersebut materi di berikan langsung oleh ketua umum IPI Captain Bambang Adisurya Angkasa yang dihadiri puluhan personil ATC dengan mengambil tema Aviation Knowledge & Aircraft Performance.

Kegiatan itu merupakan program kerja Direktorat Operasi AirNav Indonesia yg sudah berlangsung sejak 2016 dan akan dilaksanakan tiap tahun, dan tahun 2017 dimulai dari LOP seterusnya.

Capt. Bambang Adisurya menuturkan beberapa hal yang menjadi fokus interaksi pada kegiatan ini, yakni pengetahuan  kharakteristik setiap pesawat, terkait dengan minimum clean manufering speed during approach, Landing distance required, for landing  SID & STAR constrain.

Lebih lanjut Capt.Bambang menyebutkan kegiatan ini sangat bermanfaat disamping menambah ilmu tentang Aviation & Aircraft Performance yang sangat bermanfaat bagi ATC dalam pengaturan traffic & separation , serta  interaksi positive antara ATC & PILOT , sehingga masing -masing memahami kondisi dalam menjalankan profesi sebagai ATC & PILOT .

“Apalagi dengan kondisi semakin padatnya lalulintas udara dan berbagai jenis pesawat yang tinggal landas atau mendarat pada satu airport,” terangnya.

Kepala GM AiarNav Lombok, Eno, mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mensinergikan antara petugas ATC dengan para pilot serta menambah wawasan para personil pada minimum clean manufering speed during approach, Landing distance required, for landing  SID & STAR constrain. “Saya kira ini kegiatan yang sangat positif, harapannya kedepan bisa dilakukan secara berkala sehingga kita terus dapat menambah wawasan dan menambah kekompakan,” jelasnya.

(Eq)