Pengumuman Ikatan Pilot Indonesia tentang Profesi Penerbangan

Feb 01 2017
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter

Tanggal   :  01 Februari  2017
Nomor     :  024 / CHR / IPI / I / 2017
Perihal     :  Surat Pengumuman Profesi Penerbangan

PENGUMUMAN IKATAN PILOT INDONESIA
TENTANG
PROFESI PENERBANGAN

Berdasarkan surat himbauan Komite AAP Ikatan Pilot Indonesia pada tanggal 29 Januari 2017, maka dirasa perlu Komite GAC Ikatan Pilot Indonesia untuk memberi pengumuman profesi penerbangan demi meningkatkan keselamatan terbang Pilot Indonesia.

Pengumuman profesi penerbangan ini bukanlah hasil investigasi dan menyampaikan beberapa poin berdasarkan hasil diskusi, saran dan masukkan dari beberapa sumber, antara lain:

  1. Dimohon dalam setiap penerbangan gunung untuk melakukan Takeoff And Landing Performance Assessment (TALPA) dengan mempertimbangkan VReff pada saat flat maupun upslope landing.
  2. Kondisi arah angin dan cuaca harap selalu menjadi pertimbangan dalam setiap operasional penerbangan berdasarkan company standard yang telah disetujui.
  3. Kenali karakter dan keunikan tujuan landing karena pada setiap aerodrome di pegunungan memiliki karakter dan keunikan yang berbeda pula disesuaikan dengan chapter performance dalam Pilot Operating Handbook (POH).
  4. Menekankan kepada abinitio maupun kepada para siswa Sekolah Pilot untuk lebih mempelajari dengan tekun tentang dasar-dasar navigasi dengan manual mapping, compass to heading, dead reckoning dan berbagai ilmu dasar lainnya walaupun sudah terbang pada pesawat glass cockpit.

Demikian surat pengumuman profesi ini kami buat, semoga bermanfaat demi tercapainya safety campaign dengan zero accident dalam dunia general aviation Indonesia.

Salam Penerbangan,

An. Dewan Ketua Ikatan Pilot Indonesia
       Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia

 

          Capt. Bambang Adisurya Angkasa
                      (Telp : 0811872873)
                    b.adisurya@ipi.or.id

Dipersiapkan oleh Komite GAC Capt. Teddy Hambrata Azmir

Related Posts