Pemaparan Ketum IPI di FGD IRC 86

Oct 04 2017
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Instagram

Peningkatan kapasitas runway di bandar udara Soekarno-Hata sudah dipandang perlu. Dalam rangka tahapan pelaksanaan kebijakan yang dikenal dengan IRC 86, diadakan beberapa diskusi yang melibatkan berbagai stake holder untuk mencari masukan dan solusi.

Bertempat di Tangerang, diadakan Fokus Group Discussion (FGD) IRC 86 diselenggarakan oleh pihak Angkasa Pura II, Rabu ( 4/10/2017) dengan peserta sekitar 60 orang yang terdiri dari Maskapai, Airnav, AP2 dan Direktorat Bandar Udara.

Pada kesempatan tersebut,  Ketum IPI Bambang Adi Surya sebagai salah satu nara sumber menyampaikan pemaparan tentang perlunya kesiapan insfrastruktur sebelum meningkatkan kapasitas di sebuah bandar udara. Bambang Adi Surya melengkapi pemaparan dengan memberikan beberapa contoh layout beberapa airport yang memiliki taxi way dan line up position yang ideal.

Dalam diskusi yang melibatkan pakar konstruksi landasan dari UGM diperoleh informasi bahwa overlay landasan di Soetta sudah harus dilakukan untuk menunjang tingginya frekwensi pergerakan pesawat.

Disampaikan juga, pada awalnya landasan Soetta di design dengan ACN sekelas B747-200 pada masa tersebut, namun sekarang ada jenis pesawat dengan ACN yang lebih tinggi, sehingga perlu peningkatan kekuatan di landasan, taxi way dan apron.(*)

Related Posts