Media Release – Tentang Kejadian Return to Base (RTB) Pesawat Wings Air PK-WFK Dengan Nomor Penerbangan IW 1156 di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu

Jan 15 2017
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Instagram

Pada hari Sabtu tanggal 14 Januari 2017, Pesawat Udara Wings Air ATR 72-500 Registrasi PK-WFK dengan nomor penerbangan IW 1156 tujuan Palu – Luwuk mengalami gangguan pada bagian mesin sesaat setelah lepas landas pada pukul 06.10 Waktu Indonesia Tengah. Captain Djoko Sriyono selaku Pilot in Command memutuskan  untuk kembali ke Palu (return to base).

IKATAN PILOT INDONESIA menyampaikan rasa syukur karena Pesawat Udara IW 1156 yang diawaki oleh 2 orang Pilot bersama 2 orang Awak Kabin berhasil mendarat kembali dengan selamat bersama 64 penumpangnya di Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufri Palu.

Penyelidikan atas kejadian tersebut tentu perlu dilakukan guna mengetahui secara pasti penyebab kerusakan pada sistem kerja Mesin pesawat tersebut.  Investigasi ini nantinya bisa dijadikan informasi penting agar kejadian serupa dapat diantisipasi pada masa mendatang guna meningkatkan Keselamatan Penerbangan.

Sehubungan dengan kejadian RTB  (return to base) Pesawat Wings Air PK- WFK dengan nomor penerbangan IW 1156 tersebut, Ikatan Pilot Indonesia menyampaikan dan menghimbau hal-hal sebagai berikut :

  1. Kepada seluruh rekan-rekan Pilot Indonesia dihimbau untuk terus meningkatkan Situational Awareness atau kewaspadaan selama menjalankan tugas Penerbangan.  Tetap Laksanakan Pre Flight Check berupa Exterior dan Interior Inspection secara teliti. Laksanakan penerbangan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan lakukan langkah-langkah sesuai dengan Non Normal Checklist manakala menghadapi keadaan tidak normal maupun darurat.
  1. Ikatan Pilot Indonesia mendukung dan menyerahkan sepenuhnya kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sebagai satu-satunya lembaga yang berwenang untuk melakukan investigasi menyeluruh terhadap kejadian RTB Pesawat Wings Air PK-WFK dengan nomor penerbangan IW 1156.
  1. Menghimbau kepada seluruh pihak agar secara bijaksana untuk tidak mengira-ngira atau berspekulasi memberikan pernyataan tentang penyebab terjadinya kejadian RTB pesawat Wings Air tersebut.  Informasi atau pernyataan yang keliru dan tanpa berdasarkan penyelidikan oleh pihak yang berwenang akan berdampak kurang baik bagi kemajuan Dunia Penerbangan Indonesia di mata masyarakat maupun dunia Internasional.

Demikian Media Release ini disampaikan oleh Ikatan Pilot Indonesia guna meningkatkan Keselamatan Penerbangan Indonesia.

Salam Penerbangan

An. Dewan Ketua Ikatan Pilot Indonesia

       Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia

 

         Capt. Bambang Adisurya Angkasa
Dipersiapkan oleh Komite AAP Capt. Hidayat Marpaung

Foto by infopenerbangan.com
Related Posts