Ketua IPI hadiri Peluncuran Aplikasi “Indonesia Airports” di Angkasa Pura II

May 21 2017
(0) Comments

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tahun ini adalah tahun kebangkitan moda transportasi udara, dengan pertumbuhan secara total sebesar 12 persen. Hal tersebut dibarengi dengan perluasan kapasitas, salah satunya di Bandara Soekarno Hatta, yakni pembangunan terminal 3 dengan kapasitas 25 juta orang. Selain itu juga  perluasan terminal 1 dan terminal 2, yang kini dapat menampung 60 juta orang. Dengan dibarengi peningkatan teknologi, dapat meningkatkan efisiensi dan mendukung mobilitas penumpang.

Tahun ini, peringkat Bandara Soekarno Hatta, yang berada di bawah pengelolaan AP II, naik dari ke-66 menjadi 44. Untuk peringkat pertama masih diduduki oleh Bandara Changi Singapura, peringkat kedua diduduki oleh Tokyo International Haneda, dan peringkat ketiga  International Incheon Korea Selatan.

Oleh karena itu Budi mengatakan, saat ini era persaingan antar bandara di dunia kian ketat, karena sebagian besar  sudah menerapkan teknologi digital. Apabila tidak diimbangi, maka akan menyebabkan ketertinggalan teknologi.

Untuk itu, Budi menyambut baik upaya  PT Angkasa Pura II (Persero) yang hari meluncurkan sistem aplikasi digital “Indonesia Airports”. Aplikasi digital ini untuk memperkuat sistem operasi di bandara, tak hanya untuk kalangan internal pengelola, namun juga untuk pelanggan bandara di bawah pengelolaan AP II.
Ketua umum Ikatan Pilot Indonesia (IPI) Captain Bambang Adisurya yang berkesempatan hadir dalam peluncuran aplikasi digital tersebut mengatakan, sesuatu yang sangat baik , dengan fasilitas digital akan sangat membuat segalanya berkaitan dengan pelayanan penumpang menjadi sangat cepat dan efisien.

“Kami sangat mendukung program tersebut selanjutnya kami berharap di aplikasi indonesia airport dilengkapi dengan informasi cuaca terkini sehingga penumpang juga mendapat informasi yang akurat apabila ada keterlambatan yang disebabkan faktor cuaca atau yang lain dan informasi tersebut  terintegrasi dengan maskapai,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan untuk dapat menikmati sistem pelayanan digital bandara, pelanggan dapat mendownload aplikasi Indonesia Airports di google play Android dengan mengetik “Indonesia Airports”.

“Suatu airport yang bagus dengan layanan digital yang bagus akan meningkatkan apresiasi masyarakat dunia terhadap Indonesia. Sehingga kalau kita bisa sama baiknya dengan Cina, Jepang, dan Amerika, Insya Allah peringkat Bandara Soekarno Hatta yang ke-44 itu meningkat, tahun depan mestinya peringkat ke-30, tahun depannya lagi ranking 15.” (eq)