IPI Hadiri Ramp Safety Campaign 2017 di AP II

Apr 12 2017
(0) Comments

IPI – Ikatan Pilot Indonesia (IPI) hadir memenuhi undangan PT Angkasa Pura II (Persero) pada acara  Ramp Safety Campaign 2017 (Kampanye Keselamatan Penerbangan) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, Rabu (12/4).

Ketua umum IPI Captain Bambang Adisurya Angkasa pada kesempatan tersebut hadir sebagai pembicara  membahas soal pentingnya kampanye keselamatan penerbangan dalam persepektif pilot.

“Buat kami apabila ramp safety ini terwujud, tentunya keselamatan penerbangan dapat  diwujudkan. Artinya, dari mulai Foreign Objek Damage (FOD), accident-accident di sekitar ramp itu semua menjadi tanggung jawab semua pihak, bukan hanya orang yang bertugas di ramp namun semua pihak terlibat dalam mewujudkan ramp safety ini,” jelasnya kepada penulis, Rabu (12/4).

Capt. Bambang melanjutkan, pada prinsipanya kami sangat mendukung apabila Ramp Safety Campaign ini bisa di implementasi dengan baik, sehingga hal-hal yang tidak dinginkan tidak terjadi. Kedepan kegiatan seperti ini juga akan digelar tiga bulan sekali.

“Saya berikan conto jika kita menemukan FOD, sekiranya pihak pengelola bandara dapat menyediakan tempat-tempat pembuangannya, selain itu juga semakin banyak di pasang signboard untuk pembuangan FOD, dengan demikian saya kira ramp safety akan cepat terwujud. Kemudian tidak hanya FOD, pengenalan jenis pesawat, bahaya-bahaya kendaraan lalu lalang dan sebagainya itu juga penting,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Angkasa Pura II M. Awaluddin. mengatakan tujuan dari kampanye ini untuk memastikan kegiatan operasional di sisi udara agar aman dan zero accident.  “Jadi harus dipastikan, dicek kembali seluruh armada dan peralatan di sisi udara,” jelasnya.

Sebagai informasi, pentingnya ramp safety  ini karena sebelumnya seperti kita ketahui, di sisi udara telah terjadi setidaknya dua peristiwa besar. Peristiwa pertama terjadi pada Selasa (14/3/2017) lalu. GPU (ground power unit) milik PT Gapura terbakar hingga nyaris membakar pesawat Garuda Indonesia. Peristiwa kedua terjadi beberapa waktu lalu, ground handling saling beradu kerbau di Terminal 1 bandara tersebut. (Eq)