IPI hadir dalam RA 80 Airlines Working Group

Nov 18 2017
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Instagram

Pada tgl 16 November 2017, bertempat di Hotel Mercure Alam Sutera, Ikatan Pilot Indonesia mendapat kehormatan dengan di undang dalam forum “RA 80 Airlines Working Group” oleh PT Regio Aviasi Indonesia (RAI).

RA 80 merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), tertuang dalam lampiran Peraturan Presiden no 58 tahun 2017 tentang Perubahan atas Perpres no.3 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN yang di tandatangani pada tgl 15 Juni 2017.

Pengembangan pesawat udara RA 80 sudah memasuki tahap II, yaitu tahap detail design dan pembuatan prototype, sehingga untuk konfigurasinya secara rinci harus disesuaikan dengan requirement dari operator, regulasi dan trendnya di masa depan.

Forum yang juga di hadiri beberapa perwakilan airlines, IPI merupakan salah satunya yang di mintakan masukan dalam mendefinisikan beberapa aspek di lihat dari perspektif pilot / airlines.

Dalam memberikan masukan IPI merujuk pada standard sesuai dengan ICAO Annexes 6 dan 8 juga dokumen ICAO lainnya yang berhubungan dengan policy dalam design dan operasional pesawat sehingga sesuai dengan aturan yang berlaku, otoritas, operator dan juga kepentingan pengguna layanan pesawat.
IPI juga mengapresiasi adanya sinergi yang baik dengan seluruh stake holder dalam pelaksanaan, terlebih yang terkait dengan regulasi, sehingga semua pihak comply dan safety terwujud juga tercipta rasa aman dan nyaman untuk semua, terlebih pilot pada khususnya.

Selanjutnya IPI akan dilibatkan dalam Team Design yang lebih intensif dan komprehensif hingga pada tahap produksi. (AB)

Related Posts