IPI hadir dalam IATEC (Indonesia Aviation Training & Education Conference) 2018

Apr 05 2018
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Instagram

INACA, Indonesia National Air Carriers Association pada tanggal 20-21 Maret 2018 mengadakan Konferensi pelatihan dan pendidikan bertempat di Grand Mercure Hotel Jakarta.

Acara yang diadakan oleh asosiasi dari beberapa anggota maskapai penerbangan di Indonesia berlangsung selama 2 hari tersebut merupakan agenda rutin ke 4.
Ikatan Pilot Indonesia hadir dalam acara yang membahas issue seputar pengembangan pelatihan dan pendidikan penerbangan di Indonesia yang diwakili oleh Capt.Aditya Barlianto dan Capt.Ariza Pandu.

Dalam pidato sambutan yang di bacakan oleh Pramintohadi Sukarno yang merupakan Sekretaris Jenderal Perhubungan Udara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menitikberatkan segala usaha pemerintah dalam membangun suatu landasan untuk mengoptimalkan MPL (Multicrew Pilot License) sebagai alternatif kompetensi dari ab initio yang dibutuhkan dalam industri penerbangan sesuai ICAO Annex 1, seperti standarisasi pengetahuan dan kemampuan teknik khususnya bagi sekolah penerbang, sylabus, fasilitas pelatihan, kerja sama antar institusi pelatihan yang telah ada untuk instruktur dan sekolah penerbang.

International Federation Airline Pilot Association (IFALPA) yang di wakili Capt. Jaffar Hassan sebagai Regional VP Asia East memberikan pandangan murni IFALPA dari sudut penerbang dalam mendidik penerbang menjadi profesional dalam IPTS yaitu IFALPA PILOT TRAINING STANDARD, di mana suatu program yang komprehensif dalam mendidik penerbang bukan hanya menjaga kemampuan teknis untuk menjadi penerbang profesional tetapi meningkatkan nilai lebih dalam karir penerbang tersebut.

International Civil Aviation Organization (ICAO) memberikan gambaran peningkatan secara global kebutuhan penerbang (pilot), pengatur lalu lintas udara (ATC) dan tenaga pemeliharaan (maintenance personel) hingga tahun 2036,
Mr. Meshesha Belayneh dari ICAO, juga menyampaikan Competency-based Training Methodology untuk meningkatkan standar, aturan dan cara evaluasi untuk peningkatan kualitas dari profesional penerbangan di masa depan.

Beberapa stakeholder hadir dalam acara tersebut diantaranya dari sekolah penerbangan, airlines, simulator manufaktur, MRO, airport, avsec company, dll.

 

Related Posts