Ikatan Pilot Indonesia Dalam Aviation Communication Forum 2016

Apr 01 2016
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Instagram

Dalam Aviation Communication Forum 2016 yang diselenggarakan pada 31 Maret 2016 di Hotel Borobudur bertemakan “Geliat Penerbangan Helikopter Indonesia dalam menyongsong Open Sky 2016” Ikatan Pilot Indonesia turut hadir dan menyampaikan bahwa IPI akan senantiasa siap sedia mendukung penerbangan Helikopter Indonesia sebagai bagian dari Ikatan Pilot Indonesia.

Forum komunkasi yang fokus pada peranan Performance Based Navigation tersebut menghadirkan beberapa pembicara yang sangat memiliki komptensi dalam bidangnya antara lain: Direktur Operasi PT Airnav Indonesia, Bapak Wisnu Darjono; Capt Azzy Zikir dari Aerotekavia; Managing Director PT Whitesky Aviation Capt Toos Sanitioso dan Bapak Indar Atmoko Direktur Utama PT Indopelita.

Indonesia sebagai Negara Kepulauan yang memiliki lebih dari 17500 pulau sangat membutuhkan peran dari penerbangan Helikopter. Namun statistik penerbangan Helikopter mengalami banyak pengurangan, dimana sebelumnya kurang lebih 45 Helikopter dioperasikan oleh salah satu perusahaan penerbangan helikopter namun sekarang di perusahaan tersebut hanya tersisa empat helicopter saja.

Negara Kepulauan yang memiliki panjang garis pantai sejauh 99.000 kilometer (Badan Infromasi Geospasial), ternyata hanya terdapat 200 helikopter beroperasi dengan jumlah pilot tidak lebih dari 227 orang dirasakan masih sangat kurang, “ujar Captain Toos dalam presentasinya.

Dalam pembahasan inti, PBN (Performance Base Navigation) adalah sebuah teknologi yang sangat membantu penerbangan helicopter walaupun kendala utamanya adalah belum semua operator memiliki couple GPS sebagai unsur penting dalam teknologi berbasis satelit tersebut. Sedangkan tantangan dalam menghadapi open sky kedepan teknologi PBN ini merupakan outstanding solution.

Aviation Communication Forum 2016 ini adalah sebuah gebrakan positip dalam dunia penerbangan nasional di Indonesia. Kedepannya IPI sebagai organisasi Pilot yang menaungi beberapa asosiasi pilot seperti Asosiasi Pilot Garuda serta 2400 anggota dari berbagai brand maskapai akan terus mendukung penerbangan helikopter nasional agar menjadi yang terdepan dan menjadi bagian penting daripada Ikatan Pilot Indonesia.

Reportase Oleh: Capt Teddy Hambrata Azmir

Related Posts