Himbauan Untuk Seluruh Pilot Indonesia Tentang Penggunaan Zat-Zat dan Obat Terlarang

Dec 30 2016
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Instagram

Mencermati berita yang tengah berkembang pada dunia penerbangan Indonesia saat ini tentang penggunaan zat-zat dan obat terlarang, maka dalam hal ini Ikatan Pilot Indonesia  mendukung  penuh atas industri penerbangan yang terbebas dari penggunaan zat-zat serta obat terlarang terutama kepada mereka yang memiliki andil besar dalam keselamatan industri penerbangan, dalam hal ini profesi PILOT. Dimana kerap kali tempat kerja merupakan tempat terakhir pengguna zat dan obat terlarang ini. Hal ini dapat dilihat oleh anggota keluarga  serta rekan kerja yang bisa berperan aktif untuk mendeteksi dini atas adanya indikasi penggunaan zat dan obat terlarang ini.

Untuk itu, IKATAN PILOT INDONESIA menghimbau kepada seluruh PILOT Indonesia untuk:

  1. Terus berperan aktif dalam menjaga lingkungan kerja yang kondusif dan aman. Laporkan segera kepada pihak terkait jika ada penyimpangan atau hal diluar kewajaran.
  2. Menjaga serta menjauhkan diri dari lingkungan yang dapat mempengaruhi penggunaan zat dan obat terlarang.
  3. Menjunjung tinggi profesionalisme PILOT, menjaga nama baik perusahaan serta mematuhi Company SOP yang berlaku secara baik.
  4. Cermat serta patuh dalam menyikapi  CASR 121.535 (a) dan (b), CASR 121.601, serta CASR 91.17 Amdt. 4 mengenai Alcohol Or Drugs untuk TIDAK MELANGSUNGKAN PENERBANGAN apabila salah satu dari crew member:
    a. Tidak lebih dari 8 jam mengkonsumsi minuman beralkohol;
    b. Dalam pengaruh minuman beralkohol;
    c. Pada saat mengkonsumsi obat-obatan yang dapat mempengarui kinerja serta konsentrasi dalam rangka menjaga keselamatan penerbangan;
    d. Memiliki kadar alkohol lebih dari 0.04% di dalam darah;
    e. Serta poin-poin lain yang berkaitan dalam kondisi yang terjadi pada saat menjalankan tugas.
  5. Mendukung penuh pemerintah dalam menegakkan disiplin dan memberikan sanksi bukan hanya kepada PILOT yang melanggar namun juga kepada Operator dan Maskapai yang tidak menjalankan CASR.

Kepada Masyarakat pengguna jasa penerbangan kami atas nama IKATAN PILOT INDONESIA sebagai organisasi profesi PILOT Indonesia sangat menyayangkan kejadian ini, dan memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jasa penerbangan.

IKATAN PILOT INDONESIA berkomitmen serta mendukung penuh untuk menjaga Keselamatan serta Citra Penerbangan Indonesia dan akan terus berinovasi bersama dengan pihak- pihak terkait. Mari kita bersama- sama menjaga lingkungan dunia penerbangan kita menjadi lingkungan yang aman dan kondusif.

Safe Flight

Hormat kami,

An. Dewan Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia

 

       Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia

          Capt. Bambang Adisurya Angkasa

 

Related Posts