Himbauan Keselamatan Penerbangan Tentang Approach and Landing

Sep 29 2016
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Instagram

SAFETY START WITH ME.   Slogan tersebut tentu mempunyai konsekuensi bagi Pilot sebagai pengambil keputusan akhir (final) dalam menjamin Keselamatan Penerbangan. Pilots Are The Final Authority regarding the safety of flight.  Keselamatan Penerbangan tentunya bukan tanggung jawab Pilot semata.  Banyak pihak yang harus bekerja sama dalam menjamin keselamatan tersebut.

Dunia penerbangan Indonesia akhir-akhir ini cukup memprihatinkan dengan terjadinya beberapa Accident dan Serious Incident  yang berkaitan dengan Approach dan Landing. Komite AAP Ikatan Pilot Indonesia mencatat  tiga Accident dan Serious Incident  beruntun yang terjadi pada bulan September  2016, hal  ini tidak terlepas dari kondisi cuaca dan fasilitas pendaratan di bandara-bandara tersebut, walaupun Human Factor  tentu akan menjadi salah satu komponen penting dalam proses investigasi oleh pihak berwenang di Indonesia yaitu Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Guna meningkatkan level of safety dan mencegah agar hal serupa tidak terjadi lagi, Ikatan Pilot Indonesia menghimbau kepada seluruh rekan-rekan Pilot :

  1. Memperhatikan kondisi perkembangan cuaca saat ini yang mulai memasuki musim penghujan dengan mempelajari informasi cuaca dari BMKG pada rute penerbangan, bandara keberangkatan, bandara tujuan dan bandara alternatif sehingga dapat mengambil perencanaan yang tepat dalam melakukan penerbangan serta me-review kembali prosedur cold weather operation  sesuai dengan SOP perusahaan penerbangan masing-masing.
  2. Agar tidak mencoba memaksakan diri dengan melakukan lepas landas dan pendaratan Pesawat Udara pada Kondisi cuaca below minima.
  3. Agar tidak Ragu-ragu untuk membatalkan pendaratan (Go-Around) jika Elemen Stabilized Approach tidak terpenuhi.

Catatan : Terlampir  Elements of a Stabilized Approach  yang dikeluarkan oleh  Flight Safety Foundation.

Kepada Otoritas Bandara dan pihak terkait, diharapkan dapat  segera melakukan tindakan konkrit  sebagai Berikut :

  1. Rekan-rekan Air Traffic Controller agar memberikan informasi yang akurat tentang kondisi Landasan (runway) kepada Pilot sebelum melakukan pendaratan. Informasi tersebut agar dapat disampaikan pula melalui Automatic Terminal Information Service (ATIS) jika tersedia pada bandara tersebut.
  1. Mengharapkan kepada Otoritas dan pengelola bandara agar memberikan data yang akurat tentang informasi status breaking action kepada Pilot melalui petugas ATC dan ATIS karena data tersebut sangat membantu bagi Pilot dalam melakukan pendaratan yang aman  khususnya pada kondisi cuaca hujan.

Catatan : Selama ini informasi  status breaking action belum pernah tersedia diseluruh bandara di Indonesia.

Demikian Himbauan ini disampaikan sebagai Usaha Ikatan Pilot Indonesia meningkatkan Keselamatan Penerbangan serta  memberikan kenyamanan kepada seluruh pengguna jasa penerbangan di Indonesia.

Salam Penerbangan.

 

Capt. Rama Valerino Noya
Dipersiapkan oleh Capt. Hidayat Marpaung (Komite AAP)

Download Full Document

Related Posts