Himbauan Keselamatan Penerbangan IPI dalam Pelaksanaan Puasa Ramadhan

Jun 01 2017
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Instagram

Kepada Yth.
Seluruh Pilot Indonesia
Di
Tempat

HIMBAUAN KESELAMATAN PENERBANGAN
IKATAN PILOT INDONESIA
dalam
PELAKSANAAN PUASA RAMADHAN

Dengan Hormat,

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan YME, saat ini kita sudah memasuki Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah. Bagi umat muslim, Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nanti karena merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan dari Allah SWT. Ijinkanlah kami segenap Badan Pengurus Ikatan Pilot Indonesia mengucapkan “Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan”.

Saat ini, profesi Pilot terus menjadi sorotan bagi masyarakat, beberapa accident maupun incident bahkan sampai berita tentang keluarga Pilot yang memasuki ruang kemudi pesawat telah menjadi viral di media sosial. Hal ini tentunya tidak dapat kita bendung. Namun kami yakin, Profesionalisme kita sebagai Airman tidak akan menurun hanya karena pemberitaan di media massa maupun media sosial yang terkadang terasa memojokkan profesi Pilot. IPI mendorong segera terbentuknya Majelis Profesi Penerbangan sesuai amanah UU Penerbangan No.1 Th.2009 Pasal 364 agar setiap kejadian yang berkaitan dengan Profesi Pilot dapat diselesaikan dengan Adil, Bijaksana dan Terukur.

Sisi positif yang dapat diambil dari hal tersebut adalah bahwa kondisi masyarakat yang kritis saat ini menuntut kita untuk selalu tetap pada jalur dan aturan yang berlaku. Masyarakat Indonesia sudah mulai sadar akan pentingnya keselamatan dan kenyamanan dalam mengunakan jasa penerbangan. Sebagai seorang Pilot, hal ini merupakan tantangan untuk menunjukkan profesionalisme kita dalam menjalankan tugas dengan dilandasi nilai-nilai Airmanship dan disiplin yang tinggi.

Sehubungan dengan pelaksanaan puasa Ramadhan, kami mengingatkan kembali kepada seluruh Pilot Indonesia untuk tetap semaksimal mungkin terus meningkatkan level of safety dalam melaksanakan tugas terbang dan kerja. Bagi yang berpuasa saat menjalankan tugas agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Mengacu pada Surat Edaran Keselamatan (SAFETY CIRCULAR No. AU / 5660 / DKUPPU2898 / EK / III / 2010 agar tetap waspada dan mencermati apabila mengalami penurunan performa saat berpuasa antara lain ; letih dan lesu (fatigue), sulit berfikir atau kurang fokus, daya ingat terganggu, mudah tersinggung dan emosi berubah-ubah. Apabila mengalami dan merasakan hal tersebut, agar tidak ragu-ragu dan penuh rasa tanggung jawab demi keselamatan seluruh crew dan penumpang pesawat untuk membatalkan puasa (dengan makan dan minum) sehingga kembali pada kondisi yang prima.
  2. Berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia bahwa sebagai seorang Musafir yang sedang menjalankan tugas, awak pesawat udara diperbolehkan membatalkan puasa apabila mengalami penurunan performa dengan syarat mengganti puasa tersebut di hari yang lain setelah bulan Ramadhan.
  3. Dengan profesionalisme yang tinggi diharapkan tetap mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab berdasarkan Standard Operational Procedure, optimalkan Crew Resource Management dan tingkatkan Situational Awareness.
  4. Laksanakan pemeriksaan kesehatan sebelum melaksanakan misi penerbangan sebagai suatu mandatory.
  5. Memulai misi penerbangan dengan berdoa dan melaksanakan crew briefing tentang pelaksaanan puasa Ramadhan serta hal-hal yang menyangkut keselamatan penerbangan.

Demikian Himbauan Keselamatan Penerbangan ini disampaikan. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan lindungan dari Allah SWT dalam menjalankan tugas terbang dan kerja.

Salam Keselamatan Penerbangan.

An. Dewan Ketua Ikatan Pilot Indonesia
       Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia
          Capt. Bambang Adisurya Angkasa
                      (Telp : 0811872873)

                    b.adisurya@ipi.or.id

 Dipersiapkan oleh Komte AAP Capt. Hidayat Marpaung

071 Surat Himabuan IPI tentang Pelaksanaan Puasa Ramadhan

Related Posts