HIMBAUAN KESELAMATAN PENERBANGAN IKATAN PILOT INDONESIA tentang IJIN MEMASUKI RUANG KEMUDI PESAWAT UDARA

Jan 25 2017
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter

Tanggal                 : 25 Januari 2017
Nomor                  : 011 / CHR / IPI / I / 2017
Perihal                  : Surat Himbauan

Kepada Yth.
Seluruh Pilot Indonesia
Di
Tempat

HIMBAUAN KESELAMATAN PENERBANGAN
IKATAN PILOT INDONESIA
tentang
IJIN MEMASUKI RUANG KEMUDI PESAWAT UDARA
(ADMISSION TO FLIGHT DECK)

Ruang kemudi Pesawat Udara (Flight Deck)  merupakan ruang khusus yang digunakan Pilot untuk mengendalikan Pesawat Udara.  Keselamatan seluruh penumpang (person on board) merupakan tanggung jawab Pilot selama misi penerbangan tersebut berlangsung.

Sebagai seorang Pilot dengan Airmanship yang baik tentu akan menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan profesionalisme yang tinggi.  Setiap Pilot bekerja sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak regulator maupun perusahaan penerbangan masing-masing.  Sehingga seharusnya tidak satupun dari masyarakat pengguna jasa penerbangan yang meragukan kedisiplinan dari seorang Pilot.

Sangat disayangkan kalau pada akhir-akhir ini Ikatan Pilot Indonesia sebagai wadah organisasi profesi Pilot Indonesia masih menerima laporan dari berbagai pihak serta melalui sumber media  cetak, media elektronika dan media sosial, tentang ketidakdisiplinan Pilot dalam hal ini memberikan ijin kepada seseorang yang tidak mempunyai wewenang untuk memasuki ruang  kemudi (flight deck).  Dalam era globalisasi dan keterbukaan, semua informasi akan sangat cepat tersebar.  Sebagai seorang Pilot Profesional kita tentu tidak ingin profesi kita tercoreng dan mendapat pandangan negatif dari masyarakat hanya karena perbuatan segelintir oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ikatan Pilot Indonesia mengharapkan kepada seluruh rekan-rekan untuk tetap menegakkan disiplin sebagai pondasi Airmanship yang telah tertanam di jiwa dan sanubari kita. Himbauan Ikatan Pilot Indonesia sebagai berikut :

  1. Patuhi dan laksanakan tugas terbang sesuai dengan Standard Operating Procedure yang telah ditetapkan perusahaan penerbangan masing-masing.
  1. Dalam kewenangan memberikan ijin masuk ke ruang kemudi bagi selain Pilot atau Awak kabin yang bertugas, agar rekan-rekan Pilot memperhatikan hal-hal yang telah diatur pada :
  • CASR 121.542 Flight Crewmember Duties.
  • CASR 121.543 Flight Crewmember at Controls.
  • CASR 121.545 Manipulating of Controls.
  • CASR 121.547 Admission to Flight Deck.

 Agar rekan-rekan berhati-hati dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang Pilot. Jangan melakukan kegiatan-kegiatan diluar tugas dan aturan selama berada di dalam ruang kemudi (flight deck)  seperti ; pada saat penerbangan mengabadikan moment penugasan dengan berfoto atau merekam video kemudian meng-upload-nya ke media sosial. Hal ini akan berdampak kurang baik dan menimbulkan pandangan bahwa kita tidak profesional dalam menjalankan bertugas.

Pada kesempatan ini, Ikatan Pilot indonesia juga mengajak kepada seluruh Safety Department perusahaan penerbangan sipil agar menekankan dan menyampaikan himbauan Ikatan Pilot Indonesia tersebut diatas kepada seluruh jajaran Pilot dan Awak kabinnya sehingga tidak terjadi lagi tindakan-tidakan yang kurang profesional dan menjadi penilaian buruk bagi Penerbangan di Indonesia.

Demikian Surat Himbauan ini disampaikan sebagai usaha Ikatan Pilot Indonesia meningkatkan keselamatan Penerbangan di Indonesia.

Salam Penerbangan,

An. Dewan Ketua Ikatan Pilot Indonesia
       Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia

 

          Capt. Bambang Adisurya Angkasa
                     (Telp : 0811872873)
                    b.adisurya@ipi.or.id

Dipersiapkan oleh Komte AAP Capt. Hidayat Marpaung

Related Posts