Harkitnas Menginspirasi Pilot Dalam Menjaga Profesionalisme

May 20 2017
(0) Comments

IPI – Setiap tangal 20 Mei bangsa Indonesia memperingati hari kebangkitan nasional (Harkitnas). Hampir setiap instansi pemerintah dan sejumlah lembaga, memperingati Hari Kebangkitan Nasional dengan menggelar upacara bendera hingga beragam acara meriah.

Inti peristiwanya adalah lahirnya sebuah organisasi pribumi dari golongan priayi, Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. Peristiwa yang “dianggap” sebagai titik balik pertama pergerakan nasional terhadap kolonialisme Belanda.

Titik balik di mana spirit persatuan dan kesatuan serta nasionalisme hingga kesadaran untuk kemerdekaan Indonesia, muncul lewat organisasi yang didirikan dr Sutomo dan sejumlah tokoh lainnya itu.

Terkait hal ini, Ikatan Pilot Indonesia (IPI) ikut memaknai hari kebangkitan nasional sebagai momentum untuk menjaga profesionalisme sebagai pilot.

“Kebangkitan Nasional, menginspirasi Pilot Indonesia untuk menjaga profesionalisme sehingga dapat bersama seluruh stake holder Penerbangan Indonesia memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa dengan peninggkatan Keselamatan & keamanan penerbangan, sehingga Indonesia dapat menjadi barometer dunia dalam mewujudkan keselamatan & keamanan Penerbangan,” demikian dijelaskan ketua umum IPI Captain Bambang Adisurya.

Ia menambahkan, menjadi pribadi yang mandiri dan profesional adalah suatu keharusan, tetapi bukan berarti menjadi individualis. Sebagai makhluk sosial, tentunya seseorang akan tetap membutuhkan bantuan orang lain. Oleh sebab itu, ada baiknya momentum Harkitnas ini dapat menjadi kesempatan untuk memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.  (eq)