Forum ATC dan Pilot Indonesia

Apr 06 2016
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter

Forum komunikasi ATC dan Pilot Indonesia kali ini adalah lanjutan dari forum sebelumnya pada tahun 2015 di Hotel Sheraton Jakarta. Dimana terdapat delapan poin dari pembahasan forum yang lalu dan tiga diantaranya yang paling spesifik adalah, telah terjalin hubungan yang membaik dari perbedaan persepsi antara ATC dan Pilot; mengenai pengoperasian helicopter di Ototritas Bandara Soekarno Hatta; dan pelaksanaan ROT untuk IRC 72 Soekarno Hatta International Airport.

Beberapa progres positif dari Airnav Indonesia yang telah dilakukan adalah, sejak tahun 2013 hingga 2016 sudah terdapat 273 kantor pelayanan yang aktif di Indonesia dan banyak diantaranya akan ditingkatkan dari AFIS menjadi Tower serta pelaksanaan internet briefing hingga perbaikan dari sentralisasi flight plan.

Mewakili Ikatan Pilot Indonesia Captain Rama Noya, dalam pertemuan yang baik tersebut mengajukan sebuah safety campaign yang sedang hangat terutama peran aktif pihak terkait hingga kerjasama dengan TNI AU untuk mengatasi permasalahan laser pointer karena cahayanya sangat mengganggu penerbangan di Indonesia.

Dalam pertemuan kali ini, turut mengundang Komando Pertahanan Udara Nasional yang memaparkan tentang pentingnya menghindari restricted area  bagi seluruh penerbangan sipil. Namun, sebuah solusi kedepan akan menjadi hal yang baik jika flexible use of airspace (FUA) dapat segera disetujui walaupun dengan berbagai catatan penting. Akan tetapi, selama proses rencana FUA tersebut hingga disetujui, diharapkan para personel penerbangan dapat mematuhi aturan yang ada saat ini.

Forum yang bersahaja ini juga menghadirkan perwakilan ICAO technical PBN expert dan menyampaikan pentingnya peran Performance Base Navigation  untuk menunjang keberhasilan kinerja dan profesionalisme dunia penerbangan di dunia. Pentingnya PBN menurut Mr. Caesar terutama dalam hal safety; efficiency/environment; dan improve the airspace system management by PBN.

Dalam sesi penutup, Ikatan Pilot Indonesia yang diwakilkan oleh Capt Heri Martanto memberi pernyataan umum bahwa IPI akan senantiasa siap untuk berperan aktif dalam mewujudkan safer sky serta mendukung setiap kegiatan forum maupun seminar demi terciptanya dunia penerbangan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

Reportase oleh: Captain Teddy Hambrata Azmir

Related Posts