LATAR BELAKANG

Atas berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, bahwa Negara kita merupakan Negara Demokrasi yang dilindungi oleh Undang Undang Dasar 1945 dan berdasarkan Pancasila.

Sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin pesat dan perkembangan teknologi yang harus kita sesuaikan maka Pilot Indonesia sebagai Warga Negara yang baik, ikut bertanggung-jawab dalam Pembangunan Nasional untuk mewujudkan Tujuan Negara dan Cita-cita Bangsa sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Menyadari sepenuhnya akan penting nya peranan Jasa Transportasi Udara Sipil dari segi Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Persahabatan Antar-Bangsa, maka perlu ditingkatkan pengabdian Pilot Indonesia kepada Bangsa dan Negara melalui profesinya demi tercapainya suatu Sistem Operasional Transportasi Udara Nasional yang aman, lancar, nyaman dan Efisien.

Untuk mewujudkan pengabdiannya, para Pilot dari berbagai Perusahaan Penerbangan Nasional perlu lebih dipadukan visi dan kegiatannya.

Bahwa dalam rangka lebih meningkatkan peran dan pengabdian Pilot Indonesia perlu dilakukan penataan dan penyempurnaan Organisasi yang telah ada serta terus disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan dengan dilandasi semangat Persatuan dan Kesatuan serta Kesetiakawanan yang Tulus dan Penuh Rasa Tanggung-jawab pada Profesi, Bangsa dan Negara.

VISI

Organisasi Pilot Indonesia yang medern, profesional dan terpercaya.

MISI

Pilot Indonesia membangun dunia penerbangan yang aman, terpercaya dan modern sebagai organisasi profesional yang diakui dunia.

Ikatan Pilot Indonesia adalah Organisasi Profesi berbentu ikatan yang beranggotakan Pilot Indonesia.

Ikatan Pilot Indonesia bersifat komunikatif, kooperatif, koordinatif dan terbuka dalam hal pengembangan profesionalisme.

  1. Sebagai sarana mewujudkan segala bentuk aspirasi untuk meningkatkan dan mengembangkan profesionalisme pilot Indonesia.
  2. Sebagai sarana pengembangan sikap dan kepribadian anggotanya dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai dengan kaidah profesi serta berperan sebagai mitra pemerintah.
  3. Sebagai organisasi yang mewakili anggota nya dalam Forum Internasional.
  4. Secara aktif melakukan pendampingan, advokasi dan/atau mediator bagi anggota-nya

  1. Meningkatkan profesionalisme dan pengembangan pengetahuan pilot Indonesia dalam dunia penerbangan.
  2. Aktif berkontribusi bagi pengembangan dunia penerbangan.